Universitas Padjadjaran

Prodi S1

Oleh: admin kesos

PROGRAM STUDI SARJANA ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL

Akreditasi A berdasarkan SK No. 024/BAN-PT/AK-XV/S1/VIII/2012, berlaku s/d 10 Agustus 2017

Program Studi adalah kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi, dan/atau pendidikan vokasi.

Menyelenggarakan dan mengembangkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum;
Menjamin mutu pendidikan dalam rangka terwujudnya Program Studi yang unggul dan bereputasi;
Melaksanakan evaluasi dan monitoring pelaksanaan pembelajaran untuk menjamin dihasilkannya lulusan unggul dan studi tepat waktu;

VISI:

Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial mengacu pada visi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan juga visi dari Universitas Padjadjaran, yaitu:

Pada tahun 2026 menjadi pengelola pendidikan tinggi pekerjaan sosial yang mampu bersaing di tingkat regional dan internasional dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbasiskan kewirausahaan sosial.

 MISI:

  1. Mengembangkan dan melaksanakan kurikulum pendidikan tinggi pekerjaan sosial yang berbasis kompetensi, antisipatif terhadap perkembangan permasalahan dan kebutuhan di tingkat nasional maupun regional.
  2. Menyelenggarakan Proses Belajar Mengajar (PBM) bagi mahasiswa dengan terus mengembangkan metodologi pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan kurikulum pendidikan tinggi yang dikembangkan.
  3. Mengembangkan berbagai kegiatan penelitian yang merespon terhadap tantangan dan kebutuhan masyarakat di tingkat nasional dan regional.
  4. Mengembangkan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada kekuatan dan potensi lokal untuk menjawab tantangan global yang dihadapi oleh masyarakat.
  5. Melaksanakan manajemen pendidikan dengan menerapkan prinsip penjaminan mutu (quality assurance).
  6. Membina kerjasama dengan lembaga pendidikan dan lembaga pelayanan sosial di tingkat nasional dan internasional untuk mendukung peningkatan kualitas pengajaran, sekaligus pembaharuan informasi dalam pelaksanaan pelayanan sosial.
  7. Mengembangkan jiwa kewirausahaan sosial bagi mahasiswa, baik melalui kegiatan kurikuler (praktikum) maupun ekstrakurikuler (kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa/PKM, dan kegiatan-kegiatan organisasi kemahasiswaan).

TUJUAN:

  1. Terwujudnya kurikulum yang berbasis kompetensi, antisipatif terhadap perkembangan dan kebutuhan masyarakat dan teknologi global yang diakui secara nasional dan internasional.
  2. Terciptanya Proses Belajar Mengajar (PBM) yang kondusif bagi mahasiswa dengan terus mengembangkan metode dan media yang efektif dan efisien dengan mengacu pada kurikulum pendidikan yang sudah diwujudkan.
  3. Menghasilkan penelitian-penelitian bidang kesejahteraan sosial dengan melibatkan mahasiswa, yang menunjang pada kegiatan belajar mengajar serta berimplikasi pada kebermanfaatan dalam pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menghasilkan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melibatkan mahasiswa, yang mengarah pada peningkatan pengetahuan, sikap maupun keterampilan masyarakat yang mendorong pada kemandirian masyarakat.
  5. Terciptanya sistem manajemen pendidikan yang terencana, sistematis dan berkelanjutan dalam pengembangan kurikulum, penempatan tenaga pengajar, maupun kelengkapan fasilitas pembelajaran.
  6. Terbangunnya kerjasama yang berkelanjutan dengan stakeholder dalam mewujudkan kesatupaduan pengetahuan, sikap, maupun keterampilan bidang pekerjaan sosial.
  7. Terbangunnya jiwa kewirausahaan sosial bagi mahasiswa, baik melalui kegiatan kurikuler (praktikum) maupun ekstrakurikuler (kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa dan kegiatan-kegiatan organisasi kemahasiswaan), untuk membentuk mahasiswa yang kreatif, inovatif, dan mandiri, dengan tetap berpijak pada ilmu pengetahuan, keterampilan, dan etika pekerjaan sosial.

SASARAN:

  1. Terwujudnya Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial yang memiliki manajemen penyelenggaraan perguruan tinggi yang sesuai dengan standar internasional yang didukung kurikulum yang bermutu serta memiliki standar kompetensi nasional Indonesia maupun internasional.
  2. Tersedianya lulusan mahasiswa yang memiliki rata-rata penyelesaian studi dalam 8 semester dengan pencapaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan rata-rata 3,50 dan memiliki pemahaman komprehensif tentang keilmuan kesejahteraan sosial dalam berbagai sudut pandang dari konsep-konsep pekerjaan sosial yang terjadi pada skala nasional dan internasional.
  3. Tercapainya integrasi antara pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam kurikulum pembelajaran yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan program studi, pemerintah, industri dan masyarakat.
  4. Membangun riset program yang berorientasi terhadap kebutuhan masyarakat, dunia bisnis dan pemerintah.
  5. Meningkatkan jumlah publikasi dosen dalam jurnal nasional atau internasional dan sitasi karya ilmiah dosen.
  6. Menerbitkan jurnal karya ilmiah hasil penelitian yang didesiminasikan pada seminar nasional dan internasional minimal 2 kali dalam setahun.
  7. Menerbitkan buku ajar dan buku referensi hasil karya dosen Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran minimal 2 judul dalam setahun.
  8. Terlaksananya sistem manajemen pendidikan yang menerapkan prinsip penjaminan mutu pendidikan tinggi, baik pada masukan, proses maupun keluaran berdasarkan aturan perundang-undangan, visi, misi dan nilai-nilai dasar Universitas Padjadjaran.
  9. Membangun dan meningkatkan kerjasama dengan komunitas masyarakat, asosiasi profesi, dunia usaha dan lembaga pemerintah minimal 1 (satu) kerjasama dalam 1 (satu) tahun.
  10. Meningkatnya pengetahuan publik tentang aktifitas akademik/karya ilmiah/prestasi Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran baik di kalangan internal Universitas Padjadjaran maupun secara nasional dan internasional.
  11. Mengikutsertakan kelompok mahasiswa dan dosen dalam kegiatan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) setiap tahunnya dengan mengembangkan nilai-nilai kewirausahaan sosial.

 

PEMIMPIN PROGRAM STUDI S1:

Ketua Prodi                : Dr. Risna Resnawati, S.Sos., MP

Sekretaris Prodi         : Dr. M. Fedryansyah, S.Sos., M.Si

  • DEPT. ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL

    ===============================

    Keberadaan departemen ditujukan untuk:

    1). Menjamin kompetensi dan profesionalisme Dosen dalam melaksanakan tugas sesuai jabatan akademiknya;

    2). Mengembangkan, mengevaluasi dan monitoring kemajuan karier akademik Dosen untuk mendukung pengembangan pendidikan;

    3).Mengoordinasikan kegiatan riset dan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan dosen sesuai bidang kompetensinya dalam rangka merealisasikan target kinerja lembaga;

    4). Mengoordinasikan pelaksanaan kerja sama pemanfaatan kepakaran Dosen oleh pihak lain seperti Pemerintah, pemerintahan daerah, swasta atau masyarakat;

    5). Merintis dan mengembangkan kerja sama di bidang pendidikan, riset, dan pengabdian pada masyarakat di tingkat nasional maupun internasional;

    6). Memfasilitasi publikasi karya-karya ilmiah Dosen;

    7). Menyelenggarakan diseminasi hasil riset, pengabdian pada masyarakat, dan inovasi melalui kegiatan ilmiah di tingkat nasional dan internasional;

    Pemimpin Departemen:

    Ketua : Dr. dra. R. Nunung Nurwati, M.Si

    Sekretaris : Dr. Nurliana C. Apsari, S.Sos., MSW